Senin, 29 Juni 2009

Arti Sebuah Sahabat


Apa itu sahabat?
Sebagian besar orang akan menjawab “sahabat adalah orang yang menyayangi kita, orang yang bisa memahami kita, orang yang senantiasa hadir saat kita membutuhkan, mau berbagi, orang yang mau mendengar keluh kesah kita, orang yang mau bersahabat dengan kita apa adanya, yang mendekat saat seluruh dunia menjauh, dan sebagainya…”

Pengertian ini tentu sudah lazim kita dengar dari kebanyakan orang, namun tahukah anda, ternyata pengertian sahabat seharusnya tidaklah seegois itu. Mengapa saya menyebut pengertian di atas sebagai pengertian yang egois?
Sebab pengertian tersebut hanya terpusat pada diri kita sendiri, yaitu “untuk kita” tadi.
Saya mencoba bertanya kepada teman Eyes.... apakah Arti Sahabat itu?
Sahabat pun menjawabnya...
“Sahabat adalah orang yang dimana saya merasa senang kalau dapat memberi sesuatu kepadanya.”

Saya pun tersenyum dengan jawabannya itu. Itu adalah jawaban pertama yang saya dengar dari orang lain tentang pengertian “sahabat” yang tulus dan tidak egois.

Oleh karena itu kemudian saya merumuskan, bahwa menurut saya lebih tepat pengertian sahabat adalah :

“Orang yang kita sayangi,… orang yang selalu ingin kita do’akan,..orang yang ingin kita pahami lebih dalam, orang yang ingin kita bagi ketika kita senang, dan tidak ingin kita bebani ketika sulit, dan manakala ia kesepian dan merasa seluruh dunia menjauh darinya, maka kita katakan : Sahabatku…sungguh seluruh dunia tidak pernah menjauh darimu, justru kitalah yang menjauh dari mereka, marilah kita sambut mereka, berbagilah untuk mereka, mari dengarkan impian mereka, sambutlah tawa mereka, hapuskan tangis mereka, karena kita adalah “cinta”.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya Tunggu Komentar Dari SAHABAT